Tuesday, July 3, 2018

Cara Efektif Kurangi Beban Utang Agar Segera Lunas Part 2


Utang dan penyesalan, barangkali 2 kata inilah yang muncul dalam benak dikala kita dihadapkan pada persoalan keuangan. Selalu ada banyak alasan dalam diri kita untuk memiliki sejumlah utang, entah itu alasan yang masuk logika, atau pun alasan-alasan yang tidak masuk logika sekalipun. Kita bersuka cita berbelanja dan mengeluarkan sejumlah uang, dan dikala tidak memiliki uang sekalipun, kita akan konsisten berbelanja dengan sistem berutang. Setelah munculnya sejumlah utang, maka kita akan mulai linglung dan disusul dengan sedikit rasa penyesalan atas hal hal yang demikian. Utang menunggu dan pendapatan tidak juga bertambah, maka kekhawatiran kita akan utang hal yang demikian semakin menjadi-jadi, terlebih jikalau jumlahnya terbilang cukup besar. Melainkan ini pun dapat mengganggu keseluruhan kesibukan kita dan juga profesi kita di kantor. Lelah, stress dan juga gelisah, itulah sebagian akibat utang dalam kehidupan kita.

Jangan berutang!”, ini tentu bukan kata-kata yang baru dalam pendengaran kita. Hampir seluruh orang tua mengatakannya dan pun ada banyak pakar keuangan yang menyatakan hal serupa. Bila hal hal yang demikian seolah acap kali terlupakan dan kita konsisten melakukannya. Melainkan sudah terlanjur berutang, maka lakukan beberapa sistem efektif di bawah ini untuk mengurangi bobot utang yang terlanjur terjadi.

5. Hindari Pemakaian Kartu Kredit

Ketika utang menggunung, karenanya betul-betul disarankan untuk tak menerapkan kartu kredit dalam memenuhi pelbagai kebutuhan. Jika ini sebab penerapan kartu kredit dapat saja membawa kita ke dalam kubangan utang yang lebih dalam, di mana kita dengan mudah mengerjakan sejumlah pembelanjaan tanpa memperhitungkan pembayarannya ketika tagihan sudah datang. Simpan dan hindari kartu kredit selama masa susah dalam keuangan, jikalau kita memang tak dapat menahan diri untuk memakainya, karenanya ada bagusnya kartu kredit tersebut ditutup saja.

6. Pakai Layar dengan Bijak

Beberapa orang mungkin tak akan dapat berhenti menonton tivi, terutamanya pada jam-jam tertentu di mana mereka terbiasa menghabiskan waktu dengan menonton tivi. Jika ini perlu dikurangi, supaya bobot listrik tak terlalu tinggi. Kita juga seringkali mudah tergoda dengan pelbagai jenis iklan di tivi, yang pada akibatnya memicu kita untuk lebih konsumtif dan kerap berbelanja. Lakukan penghematan berkaitan dengan penerapan tivi. Memasarkan sebelumnya kita menerapkan layanan tivi kabel, karenanya ada bagusnya kita menghentikan sementara layanan tersebut hingga kita dapat melunasi seluruh utang kita.

7. Beroda Jika Pribadi

Jika ini tentu mesti dijalankan dengan penuh pertimbangan, jangan hingga tindakan kita menjual mobil justru berujung pada sejumlah keadaan sulit di masa yang akan datang. Memasarkan ternyata kita dapat konsisten mengerjakan pelbagai kegiatan rutin tanpa terganggu, karenanya penjualan mobil dapat dijalankan. Ketika jikalau penjualan tersebut akan mengganggu profesi/kegiatan kita, karenanya hal tersebut tak perlu dijalankan. Kita dapat menghemat biaya perjalanan ke kantor dengan metode menerapkan transportasi lazim atau menumpang mobil teman sekantor yang tinggalnya di sekitar lingkungan daerah tinggal kita.

8. Hindari Membeli Pakai Baru

Ketika mempunyai sejumlah utang, karenanya akan betul-betul penting bagi kita untuk mengerjakan sejumlah penghematan dalam pelbagai pos pengeluaran. Hindari pos pengeluaran yang tak demikian itu penting (bukan kebutuhan pokok). Dengan demikian itu kita dapat berhemat banyak uang. Pakai saja pakaian yang sudah kita miliki, dan hindari membeli pakaian baru, setidaknya hingga utang tersebut terlunasi.

9.Lakukan Tantangan Rp25 Ribu/Hari

Beranikah kita menjalani hari dengan uang yang jumlahnya hanya Rp25 ribu saja? Ini mungkin terdengar menyeramkan bagi beberapa orang, tapi kenapa kita tak mencobanya? Biasakan diri kita membatasi uang dalam jumlah yang kecil (pas-pasan), dan hal ini akan membiasakan kita untuk bijaksana dan berpikir dengan cerdas untuk mecukupkan sejumlah uang tersebut dalam memenuhi seluruh kebutuhan kita dalam sehari.

10. Nikmati  Hemat

Perlu bepergian ke luar negeri hanya untuk merasakan suasana tamasya yang menyenangkan. Ada banyak destinasi tamasya dalam negeri yang tak kalah cantiknya, dan kita dapat merasakan seluruh itu dengan biaya yang relatif murah. Mahal tak selalu menyenangkan, tamasya yang sederhana juga dapat membikin kita bergembira jikalau kita mengerti bagaimana metode menikmatinya.

No comments:

Post a Comment

Wisata Alam Di Sinjai Yang Sangat Menawan

Sinjai memang belum se-familiar Makassar. Namun kabupaten di Sulawesi Selatan ini ialah destinasi tamasya alam yang semestinya anda kun...